5 Kebaikan Yang Bisa Dilakukan Ketika Sedang Dalam perjalanan




Ilustrasi

Di zaman sekarang ini, sebagian besar orang - orang tidak memperdulikan orang lain atau egois ketika sedang berada di jalan. Namun, tidak semua orang begitu, masih banyak juga orang yang peduli terhadap sesama ketika ada salah satu mereka sedang kesusahan. 

Sebenarnya, membantu orang itu tidak sulit, namun terkadang, rasa ingin menolong itulah yang sangat sulit muncul dari dalam diri sendiri. Nah, untuk itu, kami disini menyajikan cara sederahana menolong orang lain, ketika kamu sedang berada di perjalanan. Yuk silahkan dilihat

1. Mematikan Puntung Rokok Yang Masih Menyala

Ilustrasi Rokok

Rokok merupakan salah satu barang yang banyak penggemarnya di Indonesia. Orang yang menghisap rokok, bahkan bisa menghabiskan satu bungkus rokok perharinya. Namun, sayangnya, banyak orang yang justru sengaja atau tidak sehabis mereka selesai merokok, mereka justru membuang rokok tersebut dalam keadaan menyala. 
Hal ini justru sangat berbahaya, apalagi jika dibuang di dekat tempat yang mudah terbakar, seperti semak - semak. Nah jadi, alangkah baiknya, jika kamu menemukan puntung rokok yang masih menyala saat jalan, alangkah baiknya, kamu menginjak puntung rokok tersebut sampai padam. Sebab, berkat perilaku kamu tersebut, kamu bisa menyelamatkan harta bahkan nyawa seseorang atau mahluk hidup lain.

2. Membantu Orang Menyebrang

 
Ilustrasi Menyebrang Jalan

Terkadang banyak orang kesulitan untuk menyebrang. Terutama, ketika jalanan sedang ramai. Alasan mereka karena takut sebab, banyak kendaraan dengan kecepatan tinggi sedang berjalan. Biasanya, hal ini dialami oleh lansia atau juga anak - anak.

Biasanya, ketika mereka menyebrang, mereka kadang ragu apakah ia harus menyebrang atau tidak. Jadi, jika kamu menemukan orang yang sudah tua, yang susah berjalan, orang tuna netra, anak - anak, dan lainnya, maka bantulah mereka ketika menyebrang jalan. Selain kamu bisa menyelamatkan nyawa mereka, kamu juga bisa menyelamatkan nyawa orang yang sedang berkendara karena terhindar dari resiko kecelakaan.

3. Memungut Sampah Di Jalan

Anak - anak memungut sampah yang berserakan

"Kebersihan sebagian dari iman" Tentu kita sering mendengar atau membaca kalimat tersebut. Ya, tapi itu memang benar. Kebersihan juga bisa menjadi cerminan kepribadian kita. Di Indonesia, rasa kesadaran untuk membuang sampah di tempat sampah cenderung minim. Kurangnya tempat sampah atau tidak mau ribet jadi alasan klasik mengapa orang Indonesia jarang membuang sampah ditempatnya.
Memang, ada orang yang bertugas untuk menyapu sampah di jalan seperti petugas penyapu jalan, atau juga tukang sampah. Namun tentu, tugas mereka tidak sepenuhnya 24 jam yang harus memantau jalan apakah ada sampah atau tidak. Jadi, alangkah baik dan bijaksananya, apabila kamu menemukan sampah dijalan, ambillah sampah itu. Jika disekitar tempat itu tidak ada tempat sampah, maka taruhlah di kantong dulu sampai kamu menemukan tempat sampah.

Dan juga janganlah buang sampah di jalan. Jika kedua hal tersebut dilakukan, tentu kamu akan meringankan tugas para penyapu jalan atau tukang sampah. Selain itu, kamu juga bisa membantu membuat kotamu lebih indah, nyaman, dan tentu saja bersih.

4. Memungut Paku Yang Berserakan Di Jalan

Jumlah paku yang ditemukan di jalan
Buat kamu orang Jakarta, pasti sudah tahu daerah mana saja yang banyak memiliki ranjau paku. Ya hal ini sangat ironis, kebanyakan para oknum adalah tukang tambal ban itu  sendiri. Mereka sengaja menebar paku agar usah mereka laku. Tapi, disisi lain tentu membahayakan dan juga menyusahkan para pengendara kendaraan bermotor.
Buat kamu yang sedang berjalan kaki, jika kamu menemukan paku, haraplah diambil lalu dibuang ke tempat yang jauh dari keramaian. Sebab, paku tersebut bisa saja melukai para pejalan kaki, atau membuat ban kendaraan bocor. 

5. Menolong Orang Yang Mengalami Masalah Dengan Kendaraannya


Ilustrasi

Saat di jalan, kita pasti pernah menemukan orang yang berhenti di tepi jalan karena kendarannya mengalami gangguan seperti gangguan mesin atau karena kehabisan bensin. Tentu hal ini sangat kasihan, terutama apabila kejadian ini terjadi di malam hari atau dialami oleh pengendara perempuan.

Jika kamu menemukan orang yang seperti ini, alangkah baiknya kamu menawarkan bantuan. Walaupun, kamu tidak mengerti mesin kendaraan, kamu bisa membantunya dengan cara menelepon mobil derek atau sekarang ada Go - Auto milik Gojek yang bisa membantu orang tersebut. Jika kamu memang niat, kamu bisa menawarkan untuk membantu mencari bengkel terdekat atau jika kamu memang mengerti masalah yang dihadapi orang tersebut, bantulah untuk memperbaiki kendaraannya.

Nah itu dia kebaikan yang bisa dilakukan ketika kamu sedang di jalan. Alangkah baiknya, kamu menolong dengan niat ikhlas, tulus, dan tak mengharapkan imbalan. Sebab siapa tahu saja kamu bisa mengalami masalah orang - orang yang diatas dan Tuhan membalas kebaikan kamu sebelumnya dengan menolong masalahmu tersebut. Bagaimana pendapatmu ? Yuk tulis di kolom komentar

Sumber Gambar : 
Google Image

5 Kebaikan Yang Bisa Dilakukan Ketika Sedang Dalam perjalanan 5 Kebaikan Yang Bisa Dilakukan Ketika Sedang Dalam perjalanan Reviewed by Unknown on 16:50 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports