Menu Sarapan Dari Berbagai Negara di Asia Tenggara


Sarapan merupakan hal yang penting di pagi hari sebelum memulai aktifitas. Setiap negara di dunia, pasti memiliki berbagai menu sarapan yang enak dan juga unik. Kali ini, kami akan membahas tentang menu sarapan dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Langsung aja yuk dilihat, tapi jangan sampai ngiler yaaaa

1. Malaysia

Nasi Lemak

Nasi Lemak merupakan menu makanan wajib sarapan bagi masyarakat Malaysia. Makanan ini, sebenarnya mirip dengan nasi uduk di Indonesia. Perbedaan antara nasil lemak dengan nasi uduk adalah, dari rasanya dan juga lauk pauknya. 

Namun, buat kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa membuatnya sendiri. Atau jika kamu mau merasakan rasa yang autentik, tidak perlu datang ke Malaysia. Datang saja ke Medan karena di kota tersebut banyak dijumpai orang yang menjual nasi lemak.

2. Brunei Darusallam

Ambuyat

Ambuyat adalah makanan nasional milik Brunei Darusallam. Sekilas, ambuyat ini memiliki kesamaan dengan bubur papeda yang biasa disajikan oleh masyarakat Indonesia timur. Bahan baku ambuyat sendiri sama dengan papeda yaitu pohon sagu.

Cara makan makanan ini adalah, dengan menggunakan sebuah garpu yang terbuat dari bambu yang disebut chandas. Selain di Brunei, makanan ini juga bisa ditemui di negara Malaysia tepatnya di Sarawak, Labuan, dan Sabah. Namun disana mereka lebih suka menyebut makanan ini dengan sebutan linut.

3. Thailand

Joke

Makanan ini namanya Joke atau dalam Bahasa Thailand ditulis โจ๊ก. Makanan ini adalah bubur. Joke lebih mirip dengan bubur dari Cina. Jadi, nasi akan di larutkan sampai kental bahkan sampai teksturnya merupai oatmeal.

Makanan ini disajikan selagi panas, dengan sebuah telur di tengah - tengah bubur, lalu ada bakso babi, beberapa potong hati, dan beberapa irisan jahe dan daun ketumbar. Bubur ini juga tidak memiliki tambahan perasa seperti saus ataupun kuah kuning seperti bubur biasa di Indonesia. Jadi, bubur ini sebenarnya rasanya tawar. Tapi, kamu bisa menambahkan rasa dari saus maggi.

4. Vietnam

 
Pho


Pho merupakan makanan yang sangat terkenal di Vietnam. Bahkan, kita bisa menjumpai banyak restoran yang menyediakan makanan ini. Pho merupakan makanan berupa mie rebus. Yang unik dari makanan ini adalah kuahnya.

Ada berbagai macam jenis Pho. Contohnya adalah Pho Bo yaitu Pho yang menggunakan kaldu dari tulang babi dan sapi dan juga menggunakan daging sapi sebagai isinya. Jenis lainnya adalah Pho Ga. Pho Ga ini memiliki kuah kaldu yang sama seperti Pho Bo yang membedakan adalah isiannya yang berupa daging ayam. Selain cocok dimakan untuk sarapan, makanan ini juga cocok di makan saat cuaca sedang dingin.

5. Singapura

Chwee Kueh

Kue ini terbuat dari tepung beras yang dikukus. Kue ini juga ditaburi acar lobak asin diatasnya dan saus cabai yang pedas. Selain pedas, rasa yang terkandung di kue ini adalah sedikit asin, dan juga ada rasa manis yang tercipta dari tepung beras.

6. Myanmar

 Shan Khao Shwe

Nama makanan ini dalam Bahasa Myanmar adalah Shan Khao Shwe atau bisa juga disebut dengan Shan Noodle atau Mie Shan. Makanan ini memiliki dua versi, yaitu versi berkuah dan versi yang tidak berkuah. Namun, versi yang tidak berkuah lebih populer disana.

Makanan ini berasal dari sebuah daerah yang bernama Shan. Makanan ini terdiri dari mie yang terbuat dari tepung beras, ayam cincang atau daging babi, bawang putih, bawang bombay, tomat, cabai, taburan kacang.

Buat kamu yang ingin mencicipi makanan ini di Myanmar, ada dua restoran rekomendasi sajian ini. Restoran pertama bernama 999 Shan Noodle yang terletak di pusat kota. Restoran kedua terletak di Natwaday Road.

7. Kamboja

Bai Sach Krouk
Bai Sach Krouk merupakan salah satu makanan favorit untuk sarapan di Kamboja. Makanan ini terdiri dari nasi, potongan daging babi bakar atau goreng, potongan timun, telur yang diacak - acak. Selain itu, kamu juga akan diberikan mangkuk yang berisi kaldu ayam yang diatasnya terdapat daun bawang, wortel, bawang putih cincang, dan bawang goreng. 

Makanan ini sangat mudah ditemukan di segala sudut di kota Kamboja.

8. Laos

 
Chew Makork 


Makanan ini sangat sederhana. Nama makanan ini adalah Chew Makork. Chew Makork terdiri dari telur rebus yang dibelah menjadi dua bagian, potongan timun, sayuran. Lauk pauk ini disajikan juga bersama dengan nasi panas yang diletakkan di sebuah tempat kecil selain itu juga ada sambal.

Sebenarnya, makanan ini sama seperti makanan Sunda kebanyakan yang terdapat lalapan dan juga sambal.

9. Filipina

Dilis
Tak mau kalah dengan Laos, Filipina pun juga memiliki menu sarapan yang sederhana. Makanan yang bernama Dilis ini hanya terdiri dari semacam nasi yang di goreng, lalu potongan tomat yang dipotong berbentuk segitiga, dan juga potongan ikan kecil seperti ikan teri yang digoreng.

10. Timor Leste

Ikan Sabuko

Sulit untuk menemukan makanan apa yang disantap pada saat sarapan oleh masyarakat Timor Leste. Namun, yang menarik perhatian kami adalah makanan yang bernama Ikan Sabuko. Kedengarannya makanan ini bercita rasa Indonesia.
Padahal, hal tersebut belum tentu benar juga. Ikan Sabuko sendiri adalah makanan yang terbuat dari ikan makarel dengan bumbu asam, daun kemangi, dan paprika

11. Indonesia

Nasi Uduk



Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak masakan yang lezat. Menu makanan untuk sarapan pun juga banyak. Yang terkenal adalah nasi uduk. Nasi yang hampir memiliki kesamaan dengan nasi lemak ini sangat banyak penggemarnya di Indonesia.
Biasanya, yang menjadi lauk dari nasi uduk ini adalah mie/bihun goreng, tempe orek, gorengan, dan kerupuk. Namun, kamu boleh mengganti lauknya sesuai dengan selera kamu sendiri

Nah itu dia berbagai makanan untuk sarapan dari seluruh negara di Asia Tenggara. Yang mana kesukaanmu atau yang ingin kamu coba? yuk tulis dikomentar
Menu Sarapan Dari Berbagai Negara di Asia Tenggara Menu Sarapan Dari Berbagai Negara di Asia Tenggara Reviewed by Unknown on 12:00 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports