Sejarah Hari Ini : Ketika Ramalan Suku Maya Membuat Heboh Dunia



Pada 21 Desember 2012, dunia sempat heboh dalam menanggapi tentang ramalan sebuah suku yang terletak di Benua Amerika. Ramalan tersebut menceritakan tentang hancurnya dunia atau yang biasa kita kenal sebut dengan kiamat.

Suku yang menetap di sekitar Meksiko ini memiliki perhitungan siklus setiap 400 tahun sekali yang disebut b'ak'tun. Secara kebetulan, pada 2012 siklus tersebut merupakan b'ak'tun yang ke - 13. Menurut Suku Maya, pada siklus ke - 13. Dalam arti bahwa suku Maya memiliki pandangan siklus untuk waktu dan tidak akan melihat akhir dari siklus kalender tersebut sebagai akhir dunia.

Menurut tetua adat Suku Maya yang bernama Apolinario Chile Pixtun dan arkelolog Meksiko, Guillermo Bernal, Suku Maya tidak mengenal konsep tentang kiamat. Justru, kiamat tersebut diciptakan dari masyarakat di luar suku maya yang kebanyakan adalah orang barat.

Piramida Suku Maya
Sebenarnya, Suku Maya terkenal dengan ramalan - ramalannya. Selain tentang 'kiamat', Suku Maya juga pernah meramal tentang terjadinya badai matahari. Tentang ramalan Suku Maya mengenai kiamat, sebenarnya hanya kita yang melebih - lebihkan nya saja. Toh, hal tersebut belum tentu benar dan juga itu hanya kepercayaan suku tersebut.

Sempat Dibuat Film 

Cover Film 2012


Karena ramainya pemberitaan soal ramalan Suku Maya ini, Hollywood pun tidak mau ketinggalan meramaikan dengan membuat film tentang kiamat. Film tersebut berjudul sama dengan tahun saat itu rilis yaitu 2012. Film yang dibintangi oleh John Kusack ini ramai ditonton orang. Hampir semua orang di Indonesia pasti pernah menonton film ini. Baik di bioskop, bajakan, atau di TV.


Film 2012 menceritakan tentang peristiwa kiamat yang terjadi di bumi. Mulai munculnya gempa - gempa besar, tsunami besar, gunung meletus dan lain - lain. Ironisnya, film ini hanya menampilkan kurang dari semenit tentang Suku Maya. Anehnya lagi, di akhir film tersebut, ada beberapa manusia yang bisa selamat. Hal ini tentu tidak masuk akal jika kita mengambil definisi kiamat dari agama manapun.


Dulu kita sering terkagum atau bahkan ngeri atau malah ada yang mengingat dosanya ketika menonton film ini. Namun, karena tidak terjadinya peristiwa kiamat, justru banyak orang yang membuat lelucon tentang film tersebut. Meski begitu, film 2012 ini terkadang masih dimainkan di salah satu TV swasta di Indonesia.

Lalu Kapan Kiamat Akan Terjadi ?

Tidak ada yang tau pasti kapan kiamat itu akan terjadi di dunia. Yang tahu hanya Tuhan Yang Maha Esa. Namun, Tuhan juga membuat tanda - tanda kalau kiamat itu sudah dekat. Di dalam Islam, ada yang namanya Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra. Kiamat Sugra berarti kiamat kecil yang memiliki tanda - tanda seperti : Banyaknya pembunuhan, fitnah di mana - mana, zinah, dan lainnya. Sementara Kiamat Kubra berarti kiamat besar yang memiliki tanda - tanda seperti : Munculnya matahari dari barat dan tenggelam di timur, binatang yang bisa bicara, munculnya dajjal, dan lain - lain.

Nah itu dia pembahasan sedikit tentang persitiwa yang menghebohkan dunia 4 tahun lalu. Alangkah lebih baiknya daripada kita bertanya kapan kiamat akan datang kapan kiamat itu terjadi, lebih baik kita menyiapkan amal - amal perbuatan baik. Lagipun kiamat tidak harus ditakutkan, karena pada dasarnya, cepat atau lambat kita akan kembali kepada - Nya.

Sejarah Hari Ini : Ketika Ramalan Suku Maya Membuat Heboh Dunia Sejarah Hari Ini : Ketika Ramalan Suku Maya Membuat Heboh Dunia Reviewed by Unknown on 09:09 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports