Dosa - Dosa Kim Jong Nam Pada Korut


Akhir - akhir ini, sangat ramai pemberitaan tentang pembunuhan kakak dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yaitu Kim Jong Nam. Dikabarkan, Kim Jong Nam tewas setelah diracun oleh dua orang wanita yang salah satunya berkewarganegaraan Indonesia di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Sebenarnya, sejak dari dulu Kim Jong Nam ditargetkan dibunuh oleh Pemerintah Korea Utara. Lantas, apa penyebab Kim Jong Nam harus dibunuh ? Apa "dosa" yang ia perbuat sehingga Pemerintah Korea Utara berhasrat membunuhnya ? Kami paparkan "dosa - dosa" Kim Jong Nam dibawah ini.

Mengunjungi Disneyland Tokyo

Awalnya, Kim Jong Nam sudah disiapkan oleh ayahnya sebagai pemimpin Korea Utara di masa yang akan datang. Namun, ayahnya berubah pikiran setelah Kim Jong Nam ketahuan menuju Tokyo pada tahun 2001. Kim ditangkap di Bandara Narita, Tokyo bersama dengan 2 wanita dan 1 anaknya. Saat ia menuju Tokyo, ia menggunakan paspor palsu negara Republik Dominika dan menggunakan nama samaran Pang Xiong yang artinya dalam bahasa mandarin berarti "Beruang Gendut". Setelah di deportasi ke China, Kim mengatakan alasannya ia ke Tokyo adalah ia ingin mengunjungi Disneyland.

Suka Mengkritik Pemerintahan Kim Jong Un

Kim Jong Nam sangat vokal dalam menyampaikan kritikan kepada Pemerintah Korea Utara yang dipimpin adiknya Kim Jong Un. Salah satunya seperti yang dilansir dari kompas.com, Kim Jong Nam pernah melontarkan kritik lewat wawancara terbuka dengan jurnalis Jepang, Yoji Gomi. Kepada Gomi, Kim Jong Un mengatakan, pemerintah Korea Utara akan runtuh tanpa perlu menunggu reformasi. Dia mengatakan, Kim Jong Un tak akan bertahan lama di tampuk kekuasaan, dan dunia menertawakan sistem suksesi berdasarkan keturunan itu. Komentar Kim Jong Un itu kemudian dimuat di harian Tokyo Shimbun yang kemudian dilanjutkan menjadi sebuah buku pada 2012. Buku itu diterbitkan beradasarkan lebih dari 150 wawancara e-mail dan tujuh jam wawancara tatap muka dengan Kim Jong Nam.

Dimanfaatkan Oleh China Untuk Mengkudeta Kim Jong Un

Dari beberapa sumber mengatakan, Kim Jong Un sangat takut, sang kakak akan dimanfaatkan oleh China untuk meruntuhkan kekuasannnya. Meskipun Korea Utara dan China adalah negara yang bersahabat, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi. Apalagi, seperti yang diketahui, Kim Jong Nam tinggal di Macau dan China.
Sumber referensi: kompas.com, wikipedia
Dosa - Dosa Kim Jong Nam Pada Korut Dosa - Dosa Kim Jong Nam Pada Korut Reviewed by Unknown on 12:01 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports