Sepakbola Eropa Akan Kehadiran Kompetisi Baru


Logo UEFA (Sumber: Wikipedia.com)

Sepakbola tidak pernah habis untuk membuat inovasi baru baik dalam hal teknologi ataupun dalam hal kompetisinya. Yang terbaru adalah, FIFA membuat rancangan baru dimana peserta piala dunia akan ditambah menjadi 48 negara dari sebelumnya hanya 32 negara mulai tahun 2026.

Selain FIFA yang membuat terobosan dalam hal kompetisi, UEFA yang merupakan badan sepakbola tertinggi di Eropa pun tak mau kalah untuk berinovasi dengan membuat kompetisi baru di benua biru itu. Mulai tahun 2018, UEFA mulai menyelenggarakan ajang UEFA Nations League. Apakah UEFA Nations League itu ? Mari simak dibawah ini untuk penjelasannya.

Apa itu UEFA Nations League

UEFA Nations League adalah kompetisi baru untuk negara - negara di Eropa untuk menggantikan sebagian besar pertandingan persahabatan antar negara di Eropa. Kompetisi ini akan dimulai pada tahun 2018 dan finalnya akan diadakan di Bulan Juni 2019.


Bagaimana Formatnya 

Penjelasan tentang Grup UEFA Nations League (Sumber: uefa.com)

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh negara anggota UEFA yang nantinya akan dibagi menjadi 4 liga. Tiap liga terbagi lagi menjadi 4 buah grup. Sistem liga ini menggunakan sistem promosi dan degradasi. Jadi, setiap negara yang berada di posisi terbawah akan terdegradasi ke liga yang ada dibawah. Sementara peringkat teratas akan promosi ke liga yang lebih tinggi.

Liga 3 dan liga 4 terdiri dari 4 tim. Untuk menentukan penempatan negara - negara berdasarkan liganya didasarkan kepada ranking koefisien negara anggota UEFA per 15 November 2017.

Kapan Dimulai ?

UEFA Nations League resmi dimulai setelah selesainya Piala Dunia 2018. Babak kualifikasi tiap liga akan berlangsung pada bulan September, Oktober, November tahun 2018. Dan finalnya akan dihelat pada Juni 2019

Pengaruh Dengan Kualifikasi Euro 2020

Format kualifikasi EURO 2020 dengan Nations League (Sumber: www.dailymail.co.uk)


UEFA Nations League akan memberikan pengaruh untuk kualifikasi Euro 2020. Kualifikasi Euro 2020 akan berlangsung di tahun 2019. Akan ada lima grup yang terdiri dari lima tim dan ada lima grup yang diisi enam tim. Setiap juara grup dan runner up grup otomatis langsung lolos ke Euro 2020 dan empat tempat tersisa untuk pemenang babak playoff yang akan dimainkan di Maret 2020
Akan ada 16 tim yang akan mengambil bagian dalam play-off itu yang terbagi dalam empat grup, masing-masing terdiri dari empat tim. Masing-masing empat tim itu terdiri dari juara grup tiap divisi liga UEFA Nations League. Setiap juara grup akan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.
Jika ada pemenang yang sudah memenuhi syarat via Kualifikasi Eropa, posisi play-off akan dialokasikan untuk tim terbaik berikutnya dan peringkat dari liga yang bersangkutan.
 
Apa Manfaatnya ?

Menurut UEFA, manfaat dari kompetisi ini adalah, agar terciptanya kompetisi yang lebih kompetitif sehingga dapat menark banyak orang. Selain itu, akan ada perlawanan tim yang setara dimana tim - tim besar melawan dengan tim yang sama kualitasnya begitu juga untuk tim yang lemah

Berarti Pertandingan Persahabatan Tidak Ada ?

Jawabannya adalah tidak, pertandingan persahabatan tetap ada, namun frekuensinya dikurangi


Sumber: kompas.com, uefa.com
Sepakbola Eropa Akan Kehadiran Kompetisi Baru Sepakbola Eropa Akan Kehadiran Kompetisi Baru Reviewed by Unknown on 15:56 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports