Gokil Gara - Gara Bendungan Ini, Rotasi Bumi Jadi Melambat

Three Gorges Dam di China (Sumber: Wikipedia.com)
Di China, ada sebuah bendungan raksasa yang bisa menghasilkan tenaga listrik hingga 22.500 Mega Watt. Karena hal tersebut, bendungan yang terletak di tengah - tengah Sungai Yangtze, Provinsi Hubei, China ini dinobatkan sebagai bendungan terbesar di dunia.

Namun, bukan hanya hal itu saja yang membuat kagum. Faktanya ternyata, akibat dari bendungan ini, rotasi bumi menjadi lebih lambat. Kok bisa ? berikut ini penjelasannya

Total luas permukaan waduk adalah 1.045 kilometer persegi, dan akan membanjiri area seluas 632 kilometer persegi. Waduk tersebut akan berisi sekitar 39,3 cu km (9,43 kubik mil) air. Air itu akan membebani lebih dari 39 triliun kilogram (42 miliar ton). Akibat dari hal tersebut, akan ada pergeseran dari besarnya massa yang mempengaruhi rotasi bumi. Fenomena ini disebut momen inersia.

Saat inersia benda tentang sumbu yang diberikan menggambarkan betapa sulitnya mengubah gerakan sudutnya pada sumbu tersebut. Semakin panjang jarak massa ke poros rotasinya, semakin lambat putarannya.. Kamu mungkin tidak merasakan kalau bumi melambat. Jika kita mengisi bendungan dengan air sebesar 9 triliun kilogram air 175 meter di atas permukaan laut akan meningkatkan momen inersia bumi dan memperlambat rotasinya.

Three Gorges Dam dari Atas (Sumber: bussinessinsider.com)


Namun, menurut peneliti NASA, pengaruh perlambatan rotasi tersebut sangat kecil yaitu sebesar 0,06 mikrodetik. Jadi secara tidak langsung kamu akan tidak terlalu merasakan kalau waktu di bumi semakin lambat.
Gokil Gara - Gara Bendungan Ini, Rotasi Bumi Jadi Melambat Gokil Gara - Gara Bendungan Ini, Rotasi Bumi Jadi Melambat Reviewed by Unknown on 12:15 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports