Teknologi - teknologi ini yang membuat siswa dan remaja ketergantungan




Di zaman yang sudah semakin maju ini, banyak teknologi - teknologi baru bermunculan. Tujuan utama dari teknologi tersebut adalah untuk memudahkan manusia dalam segala aspek kehidupan. Namun terkadang, teknologi tersebut membuat kita menjadi malas dan menjadi ketergantungan terhadap teknologi tersebut. Apabila kamu masih sekolah atau kuliah, tanpa kamu sadari teknologi di bawah ini menyebabkan kamu ketergantungan akan teknologi tersebut. Yuk langsung aja disimak

1. Internet

Browser untuk internet

Awalnya, internet diciptakan untuk tujuan militer. Internet pertama kali diciptakan tahun  1969 melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada masa kelahirannya, internet digunakan untuk mengkoneksikan 4 kampus yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Di zaman sekarang, internet digunakan bukan hanya untuk aktifitas militer. Tapi internet juga digunakan untuk segala aspek. Internet juga digunakan oleh para siswa dan mahasiswa untuk mencari referensi atau bahan materi untuk tugas. Memang mencari di internet sangat mudah tinggal ketik apa yang kamu cari dan tidak lebih dari 2 detik hasilnya keluar. Karena kecanggihan dan kecepatannya,banyak remaja yang lebih suka mencari referensi di internet daripada di buku. Hal ini mengakibatkan remaja sangat bergantung kepada internet.

2. Google

Google search engine nomor satu di dunia


Google diciptakan oleh  Sergey Brin dan Larry Page di tahun 1998. Saat ini google merupakan search engine nomor satu di dunia. Google bisa mencari apapun dengan efektif dan cepat. Hal inilah yang mendorong siswa atau remaja lebih suka mencari sesuatu melalu google daripada buku atau referensi lainnya.

Mereka beralasan kalau mencari di google sangat cepat daripada mencari di buku yang lebih lama. Karena hal itu remaja zaman sekarang sangat ketergantungan akan google. Dan mengakibatkan mereka malas untuk belajar dan membaca buku karena semuanya sudah tersedia di google secara instan

3. Wikipedia

Wikipedia
Wikipedia diciptakan oleh Larry Sanger dan Jimmy Wales. Semua pasti sudah tau Wikipedia itu apa. Wikipedia berisi tentang referensi berbagai macam hal untuk sebagai referensi. Artikel Wikipedia sebenarnya ditulis oleh siapapun yang mau berkontribusi termasuk kamupun bisa menulis di Wikipedia.

Wikipedia banyak digunakan oleh para remaja terutama jika berkaitan dengan tugas sekolah terutama pelajaran sejarah. Karena, di Wikipedia memuat cerita lengkap mengenai peristiwa sejarah tertentu. Hal ini mengakibatkan remaja jadi ketergantungan kepada Wikipedia. Mereka lebih suka membuka Wikipedia daripada membaca buku yang banyak halamannya atau bertanya kepada guru mereka tentang apa yang mereka belum mengerti.

4. Sosial Media

Ilustrasi Sosial Media
Sosial media sangat populer saat ini. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lainnya. Para remaja menggunakan sosial media untuk mendapatkan teman baru atau hanya sekedar gengsi saja. Remaja juga ketergantungan akan sosial media. Apa buktinya ? Remaja tidak tahan untuk membuka sosial media walau hanya untuk 10 menit saja. 
Bahkan ironisnya, banyak remaja yang meninggal saat sedang melihat sosial media mereka. Mulai dari kecelakaan, ditabrak, DLL. Hal ini mengakibatkan remaja ketergantungan akan sosial media. Karena mereka tidak mau kelewatan berita terbaru atau tentang trend terbaru. Ini bisa berdampak buruk karena mereka tidak bisa bersosialisasi dengan orang di kehidupan nyata dan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Sistem copy paste

Ilustrasi Copy Paste
 Sistem Copy Paste ditemukan oleh Larry Tesler di tahun 1976. Sistem ini memudahkan kita memindahkan banyak teks ke tempat lain tanpa perlu menulis ulang teks tersebut. Sayangnya, sistem ini digunakan oleh remaja Indonesia agar mereka cepat mengerjakan tugas tanpa membaca artikel tersebut sampai akhir. Jadi terkadang teks yang mereka copy tidak sesuai dengan tugas yang diperintahkan untuk mereka

6. Smartphone


Smartphone

Smartphone digunakan untuk mempermudah pekerjaan seseorang. Smartphone sendiri berarti ponsel pintar. Smartphone bisa mengerjakan apa saja yang diperintahkan oleh pemiliknya. Seperti mencari sesuatu di google, mengirim email, DLL.

Tapi sebagian besar, remaja menggunakan smartphone selama berjam - jam hanya untuk bermain games, membuka sosial media, atau mencari sesuatu yang tak jelas di google. Remaja sangat ketergantungan dengan smartphone. Buktinya adalah, ketika smartphone mereka mati karena baterai nya habis, mereka langsung mencari stop kontak terdekat untuk menchargenya. Perilaku ini mungkin hampir sama dengan orang sakau yang butuh narkoba. Sungguh ironis

7. Keyboard

Keyboard

Percayakah kamu kalau keyboard bisa membuat remaja ketergantungan ? Bukti simplenya gini, ketika seorang siswa di perintahkan menulis pidato sebanyak dua lembar dan diberi opsi kalau pidato itu boleh ditulis tangan atau diketik, kamu pilih yang mana ? Tentu saja diketik bukan, , mengetik sering dilakukan apalagi ketika sedang menggunakan keyboard. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang lupa cara menulis.


8. Kendaraan Bermotor

 
Kendaraan Bermotor
Ada yang bilang negara maju dulu menggunakan kendaraan bermotor tapi sekarang menggunakan sepeda. Tetapi negara berkembang dulu menggunakan sepeda tapi sekarang menggunakan kendaraan bermotor.

Kalimat diatas ada benarnya, terutama di Indonesia. Kita bisa melihat remaja sudah bisa menggunakan sepeda motor saat di usia sekolah dasar. Ironis. Mereka sangat bergantung dengan yang namanya kendaraan bermotor. Misalnya adalah ketika mereka disuruh pergi ke pasar dengan berjalan kaki mereka pasti enggan melakukannya. Alasannya banyak sekali mulai dari polusi, panas, cape dan lain - lain. Kondisi itu sering kali dilihat di kota - kota besar. Ironisnya lagi mereka kuat naik gunung yang tinggi. Tapi untuk ke pasar saja yang hanya beberapa meter, mereka masih menggunakan kendaraan bermotor milik mereka.

Sumber Referensi Artikel :
 www.kaskus.co.id
Sumber Gambar :googleimage
wikipedia
photobucket
kaskus







Teknologi - teknologi ini yang membuat siswa dan remaja ketergantungan Teknologi - teknologi ini yang membuat siswa dan remaja ketergantungan Reviewed by Unknown on 10:43 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports