Antivirus Di Android. Berguna Atau Tidak




Saat ini, Android bersanding dengan IOS menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Android yang bebas digunakan oleh vendor apapun dan IOS yang eksklusif digunakan oleh smartphone buatan Apple. Namun, disini kami tidak akan membahas tentang persaingan perusahaan tersebut.

Disini kami ingin membahas tentang, apakah perlu pengguna Android memasang antivirus di smartphonenya ? Daripada penasaran yuk disimak penjelasannnya di bawah ini.

Sebenarnya, perusahaan pencipta Android, yaitu Google menyatakan, kalau sebenarnya aplikasi antivirus di android itu sama sekali tidak berguna. Menurut Adrian Ludwig, Lead Engineer Android Security Google, jika pengguna Android memasang aplikasi antivirus di android tidak akan mendapatkan tambahan keamanan apapun.

Ludwig pun juga menyangkal tentang pemberitaan yang menyatakan banyak aplikasi Android yang mengandung virus. Menurutnya, banyaknya aplikasi yang mengandung virus, bukan berarti Android akan mudah terkena virus. Ia juga mengatakan kalau laporan tersebut hanya terfokus pada aplikasi yang terkena virus, bukan aplikasi yang diinstall oleh pengguna Android.

Jadi, kalau menurut kami sendiri, kami menyarankan agar anda tidak perlu untuk menginstall aplikasi antivirus di Android. Alangkah baiknya, anda melakukan sikap waspada dengan cara sebagai berikut :

1. Jangan Suka Menginstall Aplikasi Yang Di Download Di Luar Play Store

Play Store merupakan toko aplikasi resmi milik Google. Tentunya, Google pasti akan menyaring aplikasi yang bersih dan tidak merugikan para pengguna Android. Dengan memilih mendownload aplikasi dari Play Store, bisa membuat kamu terhindar dari virus daripada kamu mendownload aplikasi tersebut dari website - website yang bertebaran di internet.

2. Selalu Waspada Terhadap Link Yang Mencurigakan

Biasanya link aneh ini muncul saat kita mencoba mendownload sesuatu dari smartphone kita. Biasanya jika kita klik, mereka akan mengarakhkan kita ke sebuah situs yang tampilannya sama seperti situs terkenal seperti Facebook tapi memiliki URL yang berbeda. Tentu hal ini sangat berbahaya. Selain kamu terancam virus, bagi kamu orang yang awam, lalu memasukkan identitas ke website tersebut, maka identitas kamu bisa disalahgunakan oleh pemilik situs abal - abal tersebut

3. Hati - Hati Terhadap Aplikasi Yang Mencurigakan

Biasanya, aplikasi ini menyasar bagi kamu orang awam yang kurang mengenal handphone berjenis Android. Biasanya, aplikasi ini menggunakan kata - kata yang membuat kita agar tertarik untuk mendownload aplikasi mereka. Selain itu, aplikasi ini cenderung memiliki interface yang sangat tidak jelas.

Dan juga aplikasi semacam ini, memiliki jumlah orang yang mendownload sedikit dan memiliki review yang jelek dari pengguna Android.

Nah itu dia penjelasan sedikit tentang perlu atau tidaknya antivirus dipasang di smartphone kamu. Intinya, keputusannya ada di tangan kamu, apakah mau menginstall atau tidak aplikasi antivirus ini. Silahkan berikan komentar di bawah ya.

Sumber Referensi :
Jalantikus.com
detikinet.com

Sumber Gambar :
google image 
Antivirus Di Android. Berguna Atau Tidak Antivirus Di Android. Berguna Atau Tidak Reviewed by Factastic on 21:51 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports