Yuk Ilangin kebiasaan ini ketika komentar di internet





Sebagian besar orang di dunia ini pasti pernah menyalurkan pendapatnya ketika membaca sesuatu di internet. Biasanya, orang lebih suka berkomentar ketika mereka menemukan sesuatu hal yang menarik di beranda sosial media mereka.

Hal itu sebenarnya boleh dan sah - sah saja dilakukan oleh semua orang. Namun, saat ini, banyak orang yang berkomentar yang melewati batasan norma dan etika yang ada. Bahkan mereka tak segan untuk mengeluarkan kata - kata kotor ketika berkomentar. 

Nah agar hal tersebut tidak terjadi dan agar terciptanya damai di internet dan tidak terjadi permusuhan di sosial media, maka kamu harus hindari hal - hal ini agar kamu berkomentar dengan berkualitas

1. Jangan Kasih Kritik Dengan Kata Kasar

Ilustrasi
Semua orang di dunia ini pasti sangat suka untuk mengkritik orang. Tapi, kebanyakan orang di internet memberikan kritik yang cenderung membully atau dengan kata - kata kasar atau menyakitkan. Sebagai contohnya adalah "Karya kamu tuh gabagus mending dibuang aja". Jika kamu ingin mengkritik orang, janganlah menggunakan kata - kata seperti itu.

Carilah kata - kata yang sopan dan juga beretika. Selain orang yang melihat komentar kamu akan senang karena kamu sopan, orang yang dikritik pun akan melihat kritikanmu dan menjadikan kritkanmu untuk perbaikan bagi orang yang dikritik.

2. Kasih Saran Dong Masa Kasih Kritik Doang

Ilustrasi Saran


Kritik dan saran itu ibarat suami dan istri, sendal kanan dan sendal kiri. Ya intinya adalah, mereka adalah berpasangan. Setiap kritik yang baik, harus ada saran yang bisa memajukkan orang yang dikritik. Namun, kebanyakan orang yang memberikan komentar di internet hanya memberikan kritik saja kepada orang - orang.

Hal tersebut kurang baik dilakukan, mengapa ? Sebab kita tidak memberikan solusi yang baik dari sesuatu hal yang kita kritik. Malah justru kita bisa dianggap sebagai orang yang pembual dan orang yang banyak mengoreksi orang tapi tidak mau merubah orang tersebut jadi lebih baik. Kritikus yang baik adalah, kritikus yang memberikan kritik yang sopan dan juga memberikan saran atau solusi untuk kemajuan bagi orang yang dikritik.

3.  Awas Jangan Sampai Keluar Kata - Kata Kotor

Jangan berkomentar dengan kata - kata kotor karena bisa buat orang tersinggung
 

Terkadang, rasa kesal setelah kita membaca sebuah artikel mendorong kita untuk memberikan komentar tentang artikel tersebut. Namun, rasa kesal tersebut bisa saja tidak terkontrol. Lalu mulailah orang yang berkomentar tersebut mengetikkan kalimat yang mengandung kata - kata kotor.

Sebenarnya, jika kamu benci terhadap artikel yang kamu baca, itu adalah hak kamu untuk membencinya. Tapi, aturlah emosimu, jangan mudah terpancing oleh artikel tersebut. Padahal, juga belum tentu artikel tersebut sesuai dengan faktanya. 

Selain membaca artikel, rasa kesal tersebut bisa juga muncul ketika kita sedang membalas komentar orang lain. Entah karena tersinggung atau karena sudah terlanjur berdebat, terkadang berbalasan komentar tersebut bisa menjadi debat kusir. Sampai - sampai bisa mengeluarkan kalimat cacian, makian, kata - kata kotor. Inilah tugas kamu untuk menahan amarah dan emosi kamu. Dengan menahan emosi bisa membuat kamu untuk membalas atau menulis komentar dengan kepala dingin

4.  Jangan Juga Bahas SARA

Ilustrasi Toleransi

Suku, Agama, Ras, dan Budaya masih menjadi pembahasan yang sensitif di Indonesia. Sebab, sebagian besar masyarakat Indonesia akan merasa tersinggung apabila salah satu tradisi atau adat istiadat nya disebutkan. Jadi alangkah baiknya, jika kamu berkomentar, hindarilah membuat komentar yang mengandung unsur sara.

5. Kalau Belum Tahu Lebih Dalam Topiknya, Mending Gak Usah Komentar

Mending Diam Aja Deh


Ada pepatah yang bilang, "Diam Itu Emas" Ya pepatah tersebut ada benarnya. Alangkah baiknya kita lebih memilih diam daripada kita berkomentar. Terutama terhadap artikel - artikel yang kita kurang mengerti permasalahannya apa. Daripada kita menjadi orang yang "sok tahu" alangkah lebih baiknya kita diam saja.

Nah itu dia hal yang harus dihindari ketika kamu berkomentar di internet. Alangkah baiknya jika kamu berkomentar, pikirkanlah juga efek yang akan ditimbulkan dari komentar kamu tersebut. Pastikan juga, kalau komentar kamu tidak melanggar batasan - batasan etika dan norma.

Yuk berikan komentar di kolom bawah. 


Yuk Ilangin kebiasaan ini ketika komentar di internet Yuk Ilangin kebiasaan ini ketika komentar di internet Reviewed by Factastic on 23:39 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports