Mengenal Dry Drowning Penyakit Mematikan yang Sulit Dideteksi


Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan. Banyak anak - anak juga yang suka berenang karena suka bermain air. Meski menyenangkan, berenang juga bisa mengakibatkan bahaya. Selain tenggelam, ada satu bahaya lagi yang banyak orang belum tahu yaitu "dry drowning" atau "tenggelam di daratan". Apakah itu ? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian

Mungkin ada yang bingung apa maksud dari dry drowning karena jika diartikan artinya bisa membingungkan. Menurut Dr. Danelle Fisher, seorang dokter anak dari Providence Saint John's Health Centre, dry drowning adalah keadaan dimana paru - paru terendam cairan yang terjadi saat kamu tidak sedang berada di air. Tapi hal itu terjadi saat 24 jam setelah berenang, mandi.

Jika seseorang yang tidak sengaja menelan air saat berenang atau mandi dan masuk ke paru - paru, bisa mengakibatkan pita suara menjadi kejang. Disebut sebagai "Dry" karena perisitiwa tersebut terjadi saat kamu sudah selesai berurusan dengan air.

Gejalanya

Karena tidak selamanya kamu bisa mengawasi seseorang ketika ia sedang mandi ataupun berenang, penting untuk kamu mengetahui gejala orang mengalami Dry Drowning. Menurut Dr. Fisher, gejala orang yang mengalami Dry Drowning adalah kesulitan bernafas, batuk secara terus - menerus (konsisten), muntah, perilaku yang tidak wajar, dan sulit tidur yang ekstrim.

Minta Bantuan

Ilustrasi (Sumber:pixabay.com)


Jika kamu melihat orang yang mengalami Dry Drowning di tempat seperti kolam renang atau pantai, segeralah hubungi petugas disana untuk penanganan pertama. Meski begitu, alangkah baiknya segeralah dibawa ke rumah sakit untuk observasi lebih lanjut.

"Segeralah pergi ke UGD" saran Dr. Fisher. "Orang yang terkena dry drowning di rumah sakit, dadanya akan di rontgen menggunakan x - ray dan dipantau untuk mengetahui gangguan pernafasannya" lanjutnya.

Jangan Tertipu

Dr. Fisher mengatakan, kalau Dry Drowning adalah penyakit yang sangat "licik". "Tenggelam memunculkan gambaran tentang orang yang meronta - ronta meminta pertolongan saat berada di dalam air. Bukan orang yang duduk di sofa setelah berenang beberapa jam lalu" katanya.

Pernyataannya mungkin ada benarnya. Kamu pasti berpikir orang yang sudah berenang tidur atau berbaring di sofa hanya karena kelelahan bukan karena Dry Drowning. Atau malah justru ia sedang mengalaminya ?

"Bagian terburuk adalah saat peristiwa tenggelamnya organ tubuh 24 jam setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air." Yang lebih mengerikan lagi adalah, Dry Drowning bisa terjadi bahkan saat kamu sedang tertidur. Mengapa ? Sebab air di paru - paru dapat mengakibatkan kamu muntah - muntah, dan diikuti dengan tersedak.

Cara Pencegahan

CPR bisa menyelamatkan orang yang terkena Dry Drowning (Sumber:wikimedia.com)

 Dry Drowning bisa dicegah dengan baik. "Orang diatas umur 4 tahun harus mengetahui cara berenang yang benar dan tetap harus diawasi setidaknya satu orang dewasa. Bahkan ketika anak mandi di kamar mandi harus tetap diawasi" Kata Dr. Fisher.

Untuk tambahan, alangkah baiknya kamu mengetahui CPR atau teknik membuat nafas buatan. Membuat pagar disekitar kolam renang juga bisa menjadi langkah pencegahan. Dan yang pasti, jika kamu sedang berwisata menggunakan kapal, haruslah menggunakan alat keselamatan diri seperti pelampung.

Sumber : www.parenting.com


Mengenal Dry Drowning Penyakit Mematikan yang Sulit Dideteksi Mengenal Dry Drowning Penyakit Mematikan yang Sulit Dideteksi Reviewed by Unknown on 11:18 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports