Wow Sekolah Ini Pakai Android Untuk Ujian

 
Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga berdampak baik bagi dunia pendidikan. Salah satunya penggunaan smartphone berbasis Android untuk Ujian Sekolah. Hal ini dilakukan oleh SMKN 1 Jakarta untuk Ujian Sekolah di sekolah tersebut.

Melihat peluang anak - anak yang menggunakan smartphone Android di sekolah tersebut, pihak sekolah memanfaatkan peluang tersebut untuk dijadikan media ujian daripada ujian menggunakan kertas.

Meski begitu, bukan berarti Smartphone selain Android tidak bisa ikut ujian. Handphone yang berbasis IOS ataupun Symbian juga bisa mengikuti ujian dengan menggunakan aplikasi yang sudah dibuat oleh sekolah. Aplikasi tersebut nanti akan mengakses IP Adress yang sudah ditentukan melalui WIFI sekolah tersebut. Panitia juga sudah mengantisipasi apabila siswa tersebut tidak memiliki smartphone, maka akan dialihkan menuju lab komputer untuk ikut ujian lewat komputer.

Mungkinkah Siswa Mencontek Lewat Smartphonenya ?

Para Murid SMKN 1 Sedang Melakukan Ujian Sekolah Berbasis Android (Sumber:smkn1jakarta.sch.id)
Banyak yang pasti berspekulasi kalau murid pasti akan mencontek dengan cara mengakses Google melalui smartphonenya. Namun, hal tersebut dirasa sangat tidak mungkin. Mengapa begitu ? Karena, jaringan smartphone siswa akan diperintahkan untuk masuk WIFI sekolah yang sudah ditentukan. Dan, WIFI tersebut hanya untuk mengakses server dan masuk ke halaman ujian dan tidak ada koneksi untuk melakukan browsing ke internet

Ujian menggunakan smartphone ini pun sukses. Ujian Sekolah tahun 2017 berjalan lancar. Bahkan kedepannya, pihak bagian kurikulum akan menggunakan cara serupa untuk Ujian Tengah Semester yang akan diadakan pada 10 April 2017 bagi anak kelas 10 dan 11 yang berjumlah 600 orang.

Tentu penggunaan smartphone untuk ujian ini sangat efektif daripada menggunakan kertas. Salah satunya mengenai waktu. Siswa tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi soal daripada dengan menggunakan kertas yang harus menghitamkan lingkaran jawaban untuk menjawab. Selain itu, penggunaan smartphone ini juga semakin mengurangi angka pemakaian kertas yang berarti akan menghemat uang dan juga turut membantu untuk melakukan aksi "Go Green".


Sumber : www.smkn1jakarta.sch.id
Wow Sekolah Ini Pakai Android Untuk Ujian Wow Sekolah Ini Pakai Android Untuk Ujian Reviewed by Unknown on 09:24 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports